Kamis, 01 Agustus 2013

Penggunaan Perintah DOS (Disk Operating System)

Hai sobat, kali ini Dhan Screamo akan share seputar DOS. DOS merupakan singkatan dari (Disk Operating System). DOS ini merupakan sebuah sistem operasi era 80-an. Sungguh jadul sekali ya? hehehe bagi kalian yang lahir sekitar tahun 1997 kesini mungkin sudah tidak akan menemukan sistem operasi DOS. Tapi jika kalian ingin tahu bagaimana DOS itu kalian bisa menekan tombol Windows + R lalu ketik cmd dan enter. Terbukalah sebuah Command Prompt seperti ini:

Nah sistem operasi DOS kurang lebih seperti itu. Meskipun jadul, DOS merupakan ilmu dasar mengoperasikan komputer. Dan jika kalian masuk ke jurusan IT maka kalian wajib bin kudu bisa mengoperasikan sistem operasi DOS.

DOS adalah sistem operasi berbasis teks yang dikeluarkan microsoft. Sama seperti Terminal di Linux, DOS memiliki daftar perintah berbasis teks yang harus diketik di Console DOS atau lazim disebut Command Prompt. Mengetahui penggunaan perintah DOS adalah pengetahuan tersendiri yang perlu dipahami oleh administrator jaringan berbasis windows. Kalian akan lebih mudah menguasai NetBios Hacking atau remote komputer berbasis console di windows dengan mengetahui perintah-perintah DOS.

Nih sobat, Dhan Screamo kasih contoh penggunaan perintah-perintah DOS, contoh nya ada 8 gapapa ya sedikit juga? hehehe

1. DIR
    Perintah DIR digunakan untuk melihat isi folder/direktori. Contoh sobat ingin mengetahui folder apa saja yang ada di drive D tanpa membuka windows explorer tentunya hehehe. Kalian bisa masuk ke drive D dengan mengetik "d:" lalu enter seperti di bawah ini:




Nah ketika sobat sudah masuk ke drive D, sobat tinggal ketik DIR dan akan muncul semua folder.

2. COPY
    Perintah COPY digunakan untuk menyalin/menggandakan file dalam bentuk umum. Kalian bisa ketik "COPY (nama file.format) (drive/folder tujuan copy). Contoh ketika sobat ingin menggandakan file gambar "beruang.jpg" dari drive C ke D. Kalian tinggal ketik "copy beruang.jpg d:"

3. DEL
    Perintah DEL digunakan menghapus suatu file dalam bentuk umum. Kalian bisa ketik "DEL (nama file.format). Contoh jika sobat ingin menghapus file video "wild.mp4" kalian tinggal mengetik "DEL wild.mp4"

4. REN
    Perintah REN digunakan untuk mengganti nama(rename) suatu file dengan nama lain yang sobat ingin kan. Kalian bisa ketik "REN (nama file yang ingin di rename.format) (nama baru yang di ingin kan.format). Contoh jika sobat ingin mengganti nama file "Black.jpg" menjadi "Purple.jpg" kalian tinggal ketik "REN Black.jpg Purple.jpg" Simple kan?? hehehe

5. MOVE
    Perintah MOVE digunakan untuk memindahkan file. Kalian bisa ketik "MOVE (nama file.format) drive/folder yang di tuju. Contoh jika sobat ingin memindahkan file "Mountain.jpg" dari drive C ke drive D kalian tinggal ketik "MOVE Mountain.jpg D:"

6. MD (Make Directory)
    Digunakan untuk membuat subdirektori/folder baru, kalian tinggal ketik "MD (nama direktori/folder yang diinginkan)

7. CD (Check Directory)
    Digunakan sebagai perintah pindah direktori/mengubah direktori. Contoh kalian ingin masuk ke folder "Gambar" kalian tinggal ketik "CD Gambar"

8. RD (Remove Direktori)
    Digunakan untuk menghapus suatu direktori. Untuk menghapus sebuah direktori, posisi perintah penghapusan subdirektori tersebut harus berada di luar subdirektori yang akan dihapus.

2 komentar: