Selasa, 12 Februari 2013

EMO

EMO (singkatan untuk emotional music) adalah gaya musik rock dengan ciri khas musik yang melodius, disertai lirik yang ekspresif dan berisi pengakuan atau curahan hati dari sang pembawa lagu tersebut. Dan pada akhirnya banyak dari band band tersebut kadang di bilang cengeng, padahal sebenarnya tidak. Itu cuma cara mereka mengekspresikan rasa emosi mereka. Di dalam genre emo itu masih banyak terdapat aliran-aliran yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Biasanya sih emo di Indonesia identik dengan poni lempar, tindik dimana-mana, memakai celana pensil dan memakai baju band favorit mereka. Biasanya banyak anak alay-alay kampungan yang ikut-ikutan bergaya emo dengan sok so'an dengerin musik Alesana, Bring Me The Horizon, Asking Alexandria, dll biar dibilang gaul. Terus kalau pergi ke tempat publik/mall suka seragam bajunya, yang satu memakai baju hitam, hitam semua dan mereka bergaya emo cuman sebatas penampilannya saja. Mengapa saya mengatakan seperti itu? karena sebenarnya kalau real emo itu gaya nya ngga terlalu mencolok seperti itu. Real emo biasanya suka menyendiri gitu, karena dalam arti kasarnya emo itu adalah kaum terbuang/terkucilkan, makanya jarang terlihat real emo di tempat-tempat publik.

Terakhir, emo adalah versi lembutnya hardcore dan ada perpaduan indie rock. Pada saat ini emo banyak sub genre nya (contoh : emo rock, alt country emo, emo indie rock, progressive emo, screamo, dll). Band emo yang biasa di ketahui sebenarnya adalah beraliran screamo. Perbedaan emo biasa dengan screamo adalah screamo biasanya lebih banyak berteriak (scream). Pada saat ini emo sudah meluas sekali, kalau ingin emo yang original yaitu band-band tahun 90an. Seperti sunny day real estate, mineral, cursive, dll.

Disini sih saya lebih suka sama band yang bergenre screamo dibanding emo original. Dan pada saat ini pula band ber genre screamo lagi nge trend. Tapi apapun genre nya yang penting yang saya bicarakan disini berbau emo dan bercita rasa emo. Semoga semua ini bermanfaat bagi pecinta emo.


0 komentar:

Posting Komentar